23 Jun 2021

Penyebab Skin Tag Pada Penderita PCOS

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya kelebihan hormon androgen yang dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong berisi cairan. Akibatnya, sel telurnya tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. PCOS sendiri merupakan gangguan hormonal paling umum yang menyerang perempuan di seluruh dunia yang dapat menyebabkan faktor ketidaksuburan. Beberapa gejala pada penderita PCOS diantaranya mengalami gangguan menstruasi, warna kulit berubah menjadi gelap, muncul jerawat berlebihan atau kebotakan, hingga skin tag.
23 Jun 2021

Menstruasi Lancar, PCOS Hilang?

PCOS atau Polycystic ovary syndrome merupakan kelainan hormonal yang sering terjadi pada wanita di masa subur. Kondisi ini menjadi salah satu gangguan reproduksi utama yang membuat sel telur tidak bisa dilepaskan, kadar hormon maskulin (androgen) menjadi berlebih, dan kista muncul dalam jumlah yang banyak di dalam ovarium. Beberapa penyebab PCOS diantaranya gangguan fungsi insulin yang berfungsi sebagai hormon pengatur gula darah, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron, serta faktor genetik.
16 Jun 2021

Tanda - Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium & Cara Mengatasinya

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga perlu diasup secara rutin. Tidak hanya berguna untuk mengatur kalsium, kalium dan natriun, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan sel dan komponen penting dari lebih dari 300 fungsi biokimia dalam tubuh. Selain itu, magnesium juga turut membantu menetralkan asam lambung dan melancarkan proses eksresi di dalam usus.
15 Jun 2021

Amenorrhea, Penyebab Wanita Sulit Hamil

Amenorrhea merupakan kondisi tidak terjadinya menstruasi pada wanita selama 3 siklus berturut - turut atau lebih. Istilah ini juga digunakan untuk kondisi ketika wanita mulai berusia remaja (15 tahun) belum pernah mengalami menstruasi. Pada wanita yang berharap pada keberhasilan program kehamilan, kondisi ini akan berpengaruh terhadap kemampuan diri menentukan masa subur - sehingga menjadi lebih sulit untuk hamil. Yuk, kenali lebih lanjut penyebab dan langkah mengatasinya!
8 Jun 2021

Wanita dengan PCOS Bisa Hamil Secara Alami?

Sindrom PCOS (polycystic ovarian syndrome) memang cukup banyak dialami oleh wanita di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam statistik angka, diperkirakan 1 dari 10 wanita mengalami PCOS sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan mereka. 5 - 10% wanita yang mengalami PCOS diketahui memiliki kista di dalam ovarium sehingga menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi.
7 Jun 2021

Benarkah: Konsumsi Asam Folat Bikin Gemuk?

Asam folat, merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 yang sangat berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf janin. Nutrisi ini juga memiliki peran penting dalam pembentukan, perbaikan dan fungsi DNA yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin.
24 May 2021

Tips Menurunkan Berat Badan Wanita dengan PCOS

PCOS atau Sindrom Polikistik Ovarium merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di masa subur. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan menstruasi yang kerap datang terlambat atau tidak terjadi sama sekali. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki banyak kista di indung telur yang disebabkan oleh kelebihan hormon androgen yang bertugas untuk mengatur dan menjaga berbagai fungsi organ tubuh. Sebagai akibatnya, sel telur tidak dapat berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.
Back to Top