1 Jul 2022

4 JENIS OLAHRAGA UNTUK PCOS


1. Jalan Kaki 


Tahukah kamu, berjalan kaki adalah salah satu aktivitas terbaik untuk PCOS karena dapat dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan alat olahraga khusus. Untuk dapat menikmati aktivitas jalan kaki, kamu dapat melakukannya berdua dengan teman atau menyetel musik kesukaanmu. Sahabat Ovutest, kamu dapat tingkatkan rutinitas berjalan kaki dengan menambahkan interval. Misalnya, jalan kaki 5 menit dengan kecepatan sedang, kemudian 5 menit jalan cepat atau jogging. Variasikan rute dari waktu ke waktu untuk menghindari kebosanan dan menambah tantangan jalan kaki. 


2. Yoga 


Yoga membantu kamu merasa lebih tenang dan rileks sehingga terhindar dari rasa stres. Manfaat lainnya dari yoga yaitu aliran darah termasuk pada daerah panggul menjadi lebih lancar serta mengembalikan kenormalan hormon. Nah, perasaan inilah yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita yang mengalami PCOS sehingga peluang hamil lebih besar. 


3. Berenang 


Wanita dengan PCOS dapat juga melakukan olahraga renang untuk memaksimalkan perawatan dengan meningkatkan kesuburan karena renang bermanfaat untuk mengurangi stres dan membuat hati lebih senang. 


4. Senam Zumba 


Senam zumba pernah menjadi olahraga yang sangat digemari di kalangan wanita muda karena dianggap sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Ternyata manfaat zumba bukan hanya itu saja, melainkan juga bagus untuk wanita yang mengalami PCOS. Tahukah kamu, dengan rutin melakukan senam zumba maka berat badan yang berlebihan dapat dikurangi dan menjadi ideal kembali. Penurunan berat badan inilah yang akan membantu meningkatkan peluang untuk mendapatkan kehamilan. 


Berikut beberapa manfaat olahraga untuk penderita PCOS :


  • Meningkatkan sensitivitas insulin 
  • Menurunkan kolestrol
  • Meningkatkan hormon kebahagiaan 
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan risiko penyakit jantung 
Back to Top