11 Jan 2023

7 PERSIAPAN SEBELUM MEMULAI PROMIL


1. Melakukan Konsultasi ke Dokter Kandungan Secara Rutin 


Sahabat Ovutest, persiapan pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan berkonsultasi ke dokter kandungan. Hal ini merupakan persiapan sebelum memulai program hamil yang penting untuk dilakukan. Melalui pemeriksaan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan terkait riwayat penyakit tertentu yang kemungkinan dapat mempengaruhi kehamilan. Hal ini penting dilakukan terutama apabila kamu menjalani program hamil setelah keguguran. 


2. Mempersiapkan Kondisi Mental dan Finansial 


Tahukah kamu bahwa persiapan sebelum memulai program hamil bukan hanya kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental. Setiap orang pasti pernah merasa stres, cemas, sedih, ataupun khawatir. Sahabat Ovutest, sebaiknya kamu mampu untuk mengontrol hal tersebut dengan baik karena gangguan psikologis, seperti stres berat, gangguan cemas, atau depresi, segera untuk konsultasikan ke dokter atau psikolog ya agar mendapatkan penanganan yang tepat. 


3. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut


Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi juga perlu dilakukan sebagai bentuk persiapan sebelum memulai program hamil lho. Hal ini dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh saat hamil dapat meningkatkan risiko penyakit gigi dan juga mulut. Kondisi tersebut juga dapat mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan kesehatan gigi secara teratur sebelum memulai program hamil agar penanganan dapat segera dilakukan ketika terdeteksi adanya masalah kesehatan gigi dan mulut.


4. Menjalani Pola Hidup Sehat


Persiapan sebelum promil yang selanjutnya dilakukan adalah menjalani pola hidup sehat. Disarankan untuk kamu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan hindari makanan yang banyak mengandung gula, garam, serta minuman yang berkafein seperti kopi atau alkohol. Selain itu juga konsumsi makanan yang mengandung protein, serat, dan antioksidan tinggi, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan, telur, daging tanpa lemak, serta susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt. Yang paling penting, apabila kamu memiliki kebiasaan merokok, mulai sekarang cobalah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.


5.  Berolahraga Secara Rutin


Sahabat Ovutest, persiapan sebelum promil yang terakhir adalah berolaharaga secara rutin. Selain menjaga pola makan, kamu disarankan untuk berolahraga secara rutin karena olahraga dapat membantu tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan yang dialami selama kehamilan hingga persalinan. Disarankan untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit tiap harinya, baik sebelum hamil atau selama masa kehamilan. 

Back to Top