15 Apr 2021

Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Mengenali tanda – tanda awal kehamilan sangat diperlukan untuk membantu calon Ibu memahami lebih dalam kondisi kesehatan dan mempersiapkan dirinya untuk menyambut kehadiran seorang bayi. Tapi, dalam pelaksanaannya, masih banyak yang belum menyadari gejala awal kehamilan melalui tanda – tandanya karena sering terabaikan. Yuk, kenali lebih lanjut tanda awal ini untuk mempersiapkan kondisi tetap prima selama kehamilan!


Pada umumnya, kehamilan dapat terlihat melalui ciri – ciri yang sangat beragam, dan bahkan sudah mulai terlihat atau dapat dirasakan sejak minggu – minggu awal. Mulai perhatikan 6 gejala awal kehamilan ini yang menunjukkan tanda awal kamu mulai berbadan dua:

1. Mood swing. Secara psikologis, suasana hati yang kerap berubah menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormon. Peningkatan hormon esterogen dan progesteron turut memengaruhi sel saraf di otak.

2. Keluar darah dari Miss.V. Bingung menentukan mana tanda menstruasi atau kehamilan? Ciri yang satu ini sering disebut sebagai pendarahan implantasi. Untuk membedakannya, biasanya darah yang keluar saat menstruasi biasanya dalam jumlah yang lebih banyak dan berwarna merah pekat. Sedangkan pendarahan akibat kehamilan biasanya hanya sedikit dan berwarna kecoklatan atau pink. 

3. Tubuh lemas & pusing. Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon. Peningkatan jumlah hormon progesteron dapat membuat calon Ibu merasa sering lemas & ngantuk. Sementara itu, tanda lain yang menjadi gejala awal kehamilan adalah penurunan tekanan darah sehingga tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan kepalanya pusing. Ciri kehamilan yang satu ini biasanya baru dapat dirasakan ketika usia kehamilan menginjak usia sekitar 6 minggu. 

4. Perubahan fisik payudara. Umumnya terjadi pada minggu – minggu awal kehamilan, mulai dari lebih kencang, padat, aerola menghitam, serta sensitif. Hal ini merupakan proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan proses menyusui yang akan segera berlangsung. 

5. Sembelit. Kok bisa? Lagi – lagi, perubahan hormon memegang peranan penting. Hal ini memicu otot – otot di saluran pencernaan lebih kendur, serta kondisi rahim yang semakin membesar sehingga menekan usus. Perubahan ini dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat sehingga menyebabkan sembelit. 

6. Sensitif dengan bau. Ciri kehamilan yang satu ini biasanya ditandai bersamaan dengan datangnya morning sickness. Bahkan, tidak sedikit calon Ibu yang tetap merasa mual ketika mencium aroma yang wangi mulai dari parfum atau pewangi. 

7. Sering buang air kecil. Saat hamil, rahim akan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan calon ibu merasa ingin selalu buang air kecil. Selain itu, perubahan hormon juga memicu aliran darah dan cairan ke arah ginjal mengalir lebih cepat. 

8. Sering merasa lapar. Di awal masa kehamilan, calon ibu membutuhkan tambahan 200 kalori per hari. Tidak bisa dipungkiri, perubahan nafsu makan menjadi lebih banyak menjadi salah satu gejala awal yang patut diperhatikan untuk dicukupi, karena saat janin berada di dalam kandungan, otak memerintahkan tubuh untuk mengaktifkan hormon lapar karena makanan yang dikonsumsi calon ibu juga akan dialirkan ke janin. 



Nah, agar kehamilan muda tetap dalam keadaan prima, lakukan 3 hal utama berikut:

- Menghindari rokok, minuman beralkohol & membatasi konsumsi kafein. 3 hal tersebut dapat memperbesar risiko keguguran, bayi terlahir prematur serta lahir cacat. Sebisa mungkin, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. 

- Kendalikan kondisi emosional. Jangan sampai kekhawatiranmu tentang masa depan dan problem kehamilan meningkat menjadi stress yang berlebihan. Berkomunikasilah dengan pasangan dan keluarga besar tentang dukungan mental yang kamu perlukan selama menjalani masa kehamilan. 

- Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan

Pemeriksaan awal pada kehamilan di trimester pertama dapat membantu menigidentifikasi faktor risiko serta kelainan kromosom, untuk memastikan kondisi janin dan calon ibu dalam keadaan sehat. 


 Baca juga: Kenali Gejala Awal Haid dan Awal Kehamilan

Back to Top