2 Sep 2020

Manfaat Madu Untuk Kesuburan

       Madu telah lama dikenal sebagai bahan makanan dan obat herbal alami. Banyak orang yang percaya bahwa madu dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan, sehingga cocok dikonsumsi para suami dan istri yang sedang menginginkan momongan. Kandungan madu sangatlah beragam, madu terdiri dari 70-80% gula, sisanya adalah air, protein dan beberapa mineral. Tak hanya itu saja, madu juga mengandung beragam senyawa yang berkhasiat seperti antioksidan, antimikroba, antiradang bahkan antikanker. Sangat tidak heran jika madu penyubur juga banyak digunakan sebagai terapi pengobatan.


           Terkait dengan kesuburan, madu dipercaya dapat mejadi bahan penyubur alami yang baik untuk wanita maupun pria. Kandungan Vitamin B pada madu penyubur diduga dapat membantu meningkatkan produksi hormone testosteron. Sementara itu, kandungan asam amino dipercaya dapat meningkatkan fungsi ovarium dan sistem reproduksi. Meski begitu, belum banyak uji ilmiah yang membuktikan bahwa madu dapat meningkatkan kesuburan. Untuk itu ada baiknya anda juga menggunakan alat uji masa subur untuk wanita seperti Ovutest Digital dan varian produk Ovutest lainnya untuk memperbesar keberhasilan kehamilan.


            Terlepas dari manfaat madu untuk kesuburan, anda dan pasangan bisa melakukan langkah-langkah sederhana yang mampu meningkatkan kesuburan seperti:

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, E, betakaroten, asam folat dan zink.

    Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sperma dan sel telur.

2. Batasi makanan yang menggunakan pemanis buatan.

3. Perbanyak asupan kalori saat sarapan dan batasi saat malam hari. Hal ini dapat memperbaiki kesuburan.

4. Konsumsi makanan yang banyak menganduk lemak sehat

5. Perbanyak asupan serat dan kurangi karbohidrat. Hal ini dapat memperbaiki kadar hormone kesuburan, sangat dianjurkan untuk penderita PCOS.

6. Konsumsi vitamin dan rutin olahraga.


         Madu terdiri dari beberapa jenis, yang harus anda pahami adalah tidak semua madu bisa digunakan sebagai penyubur kandungan. Justru, madu yang paling baik dikonsumsi adalah madu murni. Artinya madu yang masih alami dan belum dicampur dengan bahan lain. Berdasarkan tradisi, pasangan yang baru menikah biasanya akan mengkonsumsi satu sendok madu setiap hari guna melancarkan aktivitas seksual untuk mendapatkan momongan. Itu sebabnya, massa awal-awal pernikahan disebut sebagai masa “bulan madu”.


        Salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi madu sehari-hari adalah mencampurkan madu dengan kayu manis. Campuran antara madu penyubur dan kayu manis dapat membantu melancarkan aliran darah menuju organ yang digunakan saat proses reproduksi berlangsung. Kayu manis sendiri juga dikenal dapat membantu menetralisasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Hindari mengkonsumsi yang anda belum ketahui pasti apa dampaknya terhadap kesehatan. Penggunaan bahan alami memang memiliki kemungkinan efek samping yang kecil. Perhatikan jumlah dan jenis madu yang anda konsumsi, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.


Back to Top