6 Jan 2023

MENGENAL RAGAM TANDA - TANDA KEHAMILAN

Setiap wanita mungkin akan mengalami tanda - tanda kehamilan yang berbeda - beda. Terlambat datang bulan merupakan salah satu tanda kehamilan. Meski demikian, masih ada tanda - tanda kehamilan yang lain yang juga penting untuk dikenali. 



1. Pusing


Tanda kehamilan yang mungkin dialamii calon ibu yang pertama adalah pusing. Sahabat Ovutest, sebagian ibu hamil mengalami pusing di awal kehamilan karena volume darah kamu meningkat tiga puluh persen, begitupun dengan kapasitas paru - paru. Itulah yang dapat menyebabkan gejala sesak napas dan terkadang juga pusing. Perlu diingat, meski pusing ini normal selama kehamilan, kamu tetapi tidak boleh mengabaikan ya. 


2. Perubahan Pada Payudara


Perubahan payudara saat hamil adalah hal yang sering terjadi. Namun, biasanya ini sering diabaikan karena calon ibu terlalu fokus pada perubahan perut. Sahabat Ovutest, benar halnya bahwa perubahan payudara dapat menjadi salah satu dari tanda awal kehamilan yang dapat dirasakan. Di minggu pertama kehamilan, biasanya payudara akan membesar, lebih sensitif pada sentuhan, empuk, dan lembut. Rasa gatal, warna puting yang gelap, serta puting lebih menonjol juga akan dirasakan ketika masa kehamilan minggu pertama. Hal itu dikarenakan oleh adanya perubahan hormon pada tubuh wanita. 


3. Mual dan Muntah


Tanda kehamilan yang berikutnya adalah mual. Mual merupakan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas karena adanya asam lambung yang naik ke kerongkongan. Mual dapat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu yang kemudian mengakibatkan maag. Namun, sudah tahukah kamu, mual juga dapat terjadi selama masa kehamilan. Morning sickness dapat menyerang kapan saja, baik siang maupun malam. Akan tetapi, seringkali dimulai satu bulan setelah hamil. Meski beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan sebagian juga ada yang tidak pernah mengalami gejala ini. 


4. Hilangnya Nafsu Makan


Saat baru pertama kalinya mengalami kehamilan, banyak wanita yang jarang merasakan tanda - tandanya. Terlambat menstruasi yang disertai oleh mual merupakan salah satu tanda mengandung 1 minggu. Pada dasarnya, semakin banyaknya tanda kehamilan, semakin besar kemungkinan akan terjadi kehamilan. Sahabat Ovutest, tanda mengandung 1 minggu dapat terlihat dari nafsu makan yang semakin berkurang atau bahkan tidak tertarik pada makanan. Adanya rasa mual menjadi alasan paling utama turunnya dari nafsu makan. Perubahan hormon yang terdapat dalam tubuh di awal kehamilan juga dapat menyebabkan hal ini. Namun, kurangnya nafsu makan menjadi hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan ya Sahabat Ovutest. Selain itu, muntah yang mungkin terjadi pada calon ibu juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan saat hamil minggu pertama. 


5. Lebih Cepat Lelah


Setiap wanita dapat mengalami tanda - tanda kehamilan yang berbeda. Apa yang dialami seseorang wanita ketika hamil, mungkin saja tidak dialami oleh wanita hamil lainnya. Terlambat haid merupakan salah satu tanda utama kehamilan. Meski begitu, ada pula tanda - tanda kehamilan lain yang juga penting untuk kamu ketahui. Rasa lelah yang muncul saat hamil umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron. Tak hanya itu, perubahan metabolisme tubuh pada awal kehamilan juga dapat menyebabkan tubuh ibu hamil cepat lelah.


6. Suasana Hati yang Mudah Berubah


Mood swing adalah kondisi umum yang terjadi saat hamil. Ini juga dapat menjadi tanda hamil muda yang jarang disadari lho. Sahabat Ovutest, apabila kamu mengalami gejala yang satu ini kamu tidak perlu khawatir ya. Perubahan suasana hati ini hanya bersifat sementara, artinya mood swing dapat hilang saat semakin berkembangnya janin. Namun, tetapi bila mood swing menggangu aktivitas kamu, mungkin kamu perlu segera mengatasinya. Jangan sampai perubahan suasana hati mempengaruhi perkembangan janin. 

Back to Top