21 Sep 2022

SEDANG PROMIL? LAKUKAN 5 HAL INI AGAR TIDUR LEBIH NYENYAK



1. Atur Pencahayaan Ruang Tidur 


Tahukah kamu bahwa cahaya di malam hari saat kamu tidur akan menghentikan produksi melatonin atau hormon tidur. Ini membuat kamu merasa terjaga dan waspada di sepanjang malam, akibatnya tidur menjadi kurang berkualitas. Di sisi lain, apabila kamu tidur dengan cahaya redup atau gelap membuat membuat produksi melantonin lebih banyak, sehingga kamu bisa dengan mudah tertidur pulas. 


Sahabat Ovutest, dengan penjelasan di atas disarankan jika kamu ingin tidur lebih nyenyak dan berkualitas baiknya untuk mematikan atau meredupkan lampu kamar tidur. Selain itu hindari juga cahaya lain dari layar elektronik seperti komputer, handphone, ataupun televisi beberapa jam sebelum kamu tidur. 


2. Lakukan Relaksasi untuk Menghindari Stres 


Teknik relaksasi adalah cara yang baik untuk membantu mengatasi stres. Cara ini dapat membantu menenangkan pikiran kamu, sehingga kamu dapat merasa lebih rileks. Beberapa manfaat relaksasi salah satunya adalah dapat membuat kualitas tidur menjadi baik dan juga nyenyak. Untuk melakukan relaksasi, berikut urutannya : 


  • Tarik napas dalam - dalam 
  • Fokuskan perhatian pada tubuh 
  • Pikirkan hal yang membuat kamu senang


3. Lakukan Olahraga Rutin Setiap Harinya


Udah tau belum nih, selain membuat tubuh menjadi sehat, manfaat lain saat melakukan olahraga rutin adalah dapat membuat kualitas tidur menjadi baik dan nyenyak lho. Namun, bila kamu ingin melakukan olahraga rutin, penting untuk kamu memperhatikan waktu untuk berolahraga. Disarankan untuk olahraga di malam hari 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan olahraga pada pagi hari. Hindari untuk melakukan olahraga saat mendekati jam tidur ya karena hal ini dapat membuat kualitas tidur kamu menjadi buruk. 


4. Atur Suhu Ruangan agar Dapat Tidur dengan Nyaman


Saat kamu ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik, memperhatikan suhu ruangan adalah hal terpenting. Tahukah kamu bahwa sebelum tidur suhu tubuh biasanya cenderung turun. Karena hal inilah untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyaman ruangan yang sejuk sangatlah dibutuhkan. Sahabat Ovutest, biasanya suhu nyaman untuk ruang kamar berkisar antara 15 derajat celcius - 19 derajat celcius, sedangkan suhu di bawah 12 derajat celcius atau lebih tinggi dari 24 derajat celcius dapat mengganggu tidur kamu.


5. Biasakan Makan Malam Lebih Awal 


Tahukah kamu, tubuh juga merespon kebiasaan makan kita lho. Jika kamu makan malam terlalu larut, hal ini dapat membuat jam tidur kamu akan tertunda. Jadi, ada baiknya biasakan untuk makan malam dua hingga tiga jam sebelum tidur karena akan memberi cukup waktu bagi tubuh mencerna makanan. Hindari untuk mengkonsumsi makanan berat dan berlemak tinggi ya Sahabat Ovutest karena akan menggangu tidur kamu. Disarankan untuk makan - makanan ringan, kombinasikan antara karbohidrat dan protein. 

Back to Top