30 Dec 2022

STRES SEBABKAN GANGGUAN KESUBURAN?

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan menstruasi. Hal inilah yang memicu gangguan kesuburan. Selain itu, kondisi stres yang dapat mempengaruhi fungsi dari salah satu kelenjar dalam otak yang dikenal sebagai hipotalamus. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur nafsu makan dan juga emosi seseorang. Hipotalamus juga mempengaruhi hormon yang memberi tanda pada ovarium untuk melepaskan sel telur. Saat kamu mengalami kondisi stres, gangguan fungsi hipotalamus akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan ovulasi. 


3 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Stres: 



1. Olahraga Rutin 


Segala aktivitas yang dijalani setiap harinya mungkin dapat menimbulkan stres. Dan apabila tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup dapat menurun. Seperti, berpikir jernih dan tidur dengan nyenyak pun menjadi sulit. Selain itu, tingkat stres yang tidak dikelola dengan baik juga dapat menurunkan produktivitas, bahkan memicu gangguan mental seperti depresi. Sahabat Ovutest, penting diketahui bahwa banyak cara untuk mengusir stres, salah satunya dengan berolahraga. Beberapa olahraga yang dipercaya baik untuk menghilangkan stres adalah seperti yoga, jalan santai atau jalan cepat, ataupun olaharaga tenis. 



2. Lebih Banyak Habiskan Waktu Bersama Pasangan 


Sahabat Ovutest, sudah tau belum bahwa menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang terdekat dapat menjadi cara untuk menangani stres lho. Quality time adalah waktu yang kamu habiskan untuk memberikan perhatian penuh kepada orang - orang yang disayangi, khususnya pasangan. Beberapa cara quality time bersama orang terdekat yang dapat dilakukan adalah dengan cara, misalnya dengan memasak, traveling, berolahraga, atau sekedar menonton TV bersama di rumah.