19 Sep 2022

STRES SEBABKAN KUALITAS SPERMA MENURUN?

Sahabat Ovutest, tahukah kamu bahwa faktanya pria yang mengalami stres dapat mempengaruhi konsentrasi, bentuk, dan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. Selain itu juga memiliki konsentrasi sperma yang lebih sedikit serta sperma yang diproduksi pun memiliki kualitas yang buruk. 


Setelah mengetahui penjelasan diatas, lalu hal apa sajakah yang dapat dilakukan agar memiliki sperma sehat? berikut beberapa hal yang dapat dilakukan : 



1. Berhenti merokok 


Saat kamu sedang melakukan program hamil penting untuk kamu menjalankan yang satu ini yaitu, berhenti merokok. Ini karena merokok dapat merusak sperma dan menyebabkan masalah ereksi. 


2. Pertahankan berat badan yang sehat 


Gaya hidup dapat memiliki dampak besar pada kesehatan pria, termasuk kesuburan. Selain itu, ada hubungan antara jumlah BMI yang tinggi dengan penurunan testosteron serta disfungsi ereksi. Karena inilah, ada baiknya untuk menjaga berat badan sehat, terutama jika ingin berencana untuk memiliki buah hati. 


3. Menjaga asupan nutrisi 


Dengan menjaga asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya adalah salah satu cara agar memiliki sperma yang sehat. Sahabat Ovutest, tahukah kamu dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kentang, beras merah, dan sereal juga dapat menyehatkan sperma. Selain mengandung karbohidrat kompleks makanan - makanan ini juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk sperma. Selain makanan- makanan tersebut, disarankan juga untuk mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh atau kolestrol karena dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan obesitas. Kedua kondisi tersebut karena dapat mengurangi kualitas sperma. 


4. Mengkonsumsi vitamin dan mineral


Beberapa jenis vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan atau suplemen juga berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas sperma. Tahukah kamu, jenis vitamin dan mineral yang disarankan adalah zinc dan vitamin D. Hal ini dikarenakan keduanya dapat meningkatkan jumlah dan memperbaiki pergerakan sperma. Zinc dan vitamin D juga dapat diperoleh dari beberapa macam makanan. Untuk zinc dapat diperoleh dari daging, kerang, produk olahan susu, roti, dan sereal. Di sisi lain, vitamin D dapat diperoleh dari ikan, daging merah, hati, dan kuning telur. 

Back to Top