16 Jun 2021

Tanda - Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium & Cara Mengatasinya

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga perlu diasup secara rutin. Tidak hanya berguna untuk mengatur kalsium, kalium dan natriun, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan sel dan komponen penting dari lebih dari 300 fungsi biokimia dalam tubuh. Selain itu, magnesium juga turut membantu menetralkan asam lambung dan melancarkan proses eksresi di dalam usus. Faktanya, sekitar 80% manusia mengalami kekurangan magnesium di dalam tubuhnya atau yang biasa disebut hipomagnesima. Berikut adalah dampak tubuh yang kekurangan kadar magnesium dalam keseharian:

1. Risiko gangguan mental. Mulai dari kecemasan, emosi berlebihan hingga depresi disebabkan oleh kurangnya asupan magnesium yang menyebabkan disfungsi saraf dan memicu permasalahan psikologis atau mental.

2. Peningkatan tekanan darah. Dampak lain yang ditimbulkan akibat kurangnya asupan magnesium adalah peningkatan tekanan darah - yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pada tubuh, magnesium berdungsi untuk menjaga irama jantung dan mengontrol tekanan darah tetap normal dan turut melancarkan sirkulasi darah.

3. Osteoporosis. Kondisi ini ditunjukkan dengan tulang yang melemah dan peningkatan risiko patah tulang. Seiring pertambahan usia, kekurangan magnesium dan kalsium dapat memicu dampak tersebut.


Berikut adalah tanda - tanda tubuh kekurangan magnesium:

Sering merasa lelah

Secara fisik, bila kamu sering merasa lelah tanpa melakukan aktivitas rutin yang berat, bisa jadi merupakan tanda tubuh kekurangan magnesium.

Kram pada bagian tubuh tertentu

70% orang yang kekurangan magnesium sering mengalami kram pada bagian kaki secara teratur. Hal ini dikarenakan peran magnesium dlam sinyal neuromuskuler dan kontraksi otot sangatlah besar.

Sulit tidur/insomnia

Gangguan tidur, merasa cemas dan gelisah menjadi salah satu tanda tubuh mengalami kekurangan magnesium. Mineral ini berperan penting sebagai neurotransmitter yang dikenal untuk menenangkan otak sekaligus meningkatkan efek relaksasi.

Nyeri otot

Dalam berbagai penelitian diungkapkan bahwa peran magnesium sangatlah besar dalam memperlancar sirkulasi darah - sehingga konsumsinya dalam jumlah cukup dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit, serta meningkatkan penanda kekebalan darah dalam tubuh.



Dosis dan anjuran konsumsi magnesium


Salah satu fungsi utama magnesium adalah membentuk struktur tulang. Mineral ini dapat dihasilkan secara alami dari tubuh atau dengan bantuan eksternal, dari variasi makanan yang kita konsumsi sehari - hari/suplemen. Jumlah asupannya bergantung pada jenis kelamin dan usia. Namun umumnya untuk wanita dewasa, kebutuhannya mencapai 310 - 320 mg. Perlu kamu tahu bahwa di dalam tubuh, 60% magnesium tersimpan di dalam tulang. Sisanya tersebar di dalam cairan tubuh, otot, darah serta jaringan lunak. Sementara itu, sumber magnesium yang terdapat di dalam variasi makanan diantaranya:

1. Sayur bayam: Dari secangkir sayur abayam akan didapatkan 160 mg kandungan magnesium di dalamnya.

2. Tahu: Di dalam setengah cangkir tahu saja terkandung 40 mg magnesium.

3. Kacang - kacangan: Di dalam 25 - 30 gran kacang almond misalnya, terdapat sekitar 80 mg magnesium.

4. Coklat: Di dalam 30 gram coklat terkandung 65 mg magnesium.

5. Edamame: Dari secangkir edamame rebus yang sehat terdapat 50 mg magnesium.


Jika kamu memilih mendapat asupan magnesium dari suplemen tambahan, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan riwayat kesehatan kamu, ya! 


baca juga: Benarkah Asam Folat Bikin Gemuk?


Back to Top