24 May 2021

Tips Menurunkan Berat Badan Wanita dengan PCOS

PCOS atau Sindrom Polikistik Ovarium merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di masa subur. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan menstruasi yang kerap datang terlambat atau tidak terjadi sama sekali. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki banyak kista di indung telur yang disebabkan oleh kelebihan hormon androgen yang bertugas untuk mengatur dan menjaga berbagai fungsi organ tubuh. Sebagai akibatnya, sel telur tidak dapat berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.


Kaitan berat badan dan PCOS

Pada wanita dengan berat badan berlebih, umumnya akan sering terjadi gangguan ovulasi sehingga memicu kondisi PCOS yang berakhir dengan infertilitas karena kondisi tersebut. Sekitar 50% wanita dengan PCOS mengalami obesitas. Selain itu, produksi hormon yang tidak stabil juga cenderung membuat wanita dengan PCOS memiliki gangguan makan berlebihan dan menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan.

Jika tidak segera melakukan diet untuk menurunkan berat badan, 70% wanita dengan PCOS berisiko mengalami resistensi insulin (kondisi ketika sel berhenti mengenali efek dari hormon insulin). Dalam studi baru, para peneliti menganalisis 23 studi sebelumnya untuk menilai dampak obesitas dalam perkembangan diabetes tipe 2 pada wanita dengan PCOS.



Berikut panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan jika kamu menderita PCOS:


1. Kurangi asupan karbohidrat

Menurunkan konsumsinya dapat membantu mengelola PCOS karena dampak karbohidrat pada kadar insulin. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kadar insulin yang tinggi akan berbanding lurus dengan peningkatan lemak tubuh dan penambahan berat badan , terutama dengan wanita dengan PCOS. Pastikan kamu mengurangi makanan olahan karbohidrat yang banyak mengandung gula seperti roti putih, muffin, kentang atau pasta.


2. Perbanyak konsumsi serat

Untuk memerangi gejala PCOS dan mengurangi kadar insulin dalam tubuh, diet tinggi serat sebaiknya mulai dilakukan. Hal ini dikarenakan makanan berserat tinggi dapat membantu memerangi resistensi insulin dengan cara memperlambat pencernaan dan mengurangi dampak gula dalam darah. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, sayuran hijau, paprika dan kecambah adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan.


3. Konsumsi protein tanpa lemak

Contoh jenis makanan yang dapat dikonsumsi seperti ayam, tahu, serta ikan akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan dapat dikurangi. Selain itu, telur juga merupakan komponen diet yang bagus bagi wanita penderita PCOS karena mengandung lemak sehat omega 3, zat besi, folat, berbagai vitamin A, D, E, dan kolin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


4. Cukupi kebutuhan vitamin & yodium

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin D dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh. Sumber vitaminnya didapatkan dari telur, sarden, dan ikan salmon.

Sementara itu, kekurangan yodium dapat berdampak pada masalah PCOS. Rekomendasi yodium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sekitar 150 mcg setiap hari.


5. Rutin berolahrga

Selain mengonsumsi makanan yang direkomendasikan diatas, salah satu cara untuk mensukseskan pola diet sehat adalah dengan cara berolahraga. Khusus untuk penderita PCOS, aktivitas olahraga dapat mengurangi resistensi insulin, terutama ketika ditambah dengan asupan karbohidrat tidak sehat. Para ahli sepakat bahwa setidaknya kamu perlu melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggunya untuk tubuh yang lebih sehat dan penurunan berat badan secara alami yang maksimal. Mengelola stres yang berlebihan dengan mengatur waktu tidur yang cukup atau melakukan meditasi dapat membantu menurunkan kadar kortisol (hormon penyebab stres) sehingga tingkat resistensi insulin juga akan berkurang. Pastikan kamu mendapat dukungan dari pasangan untuk bersama – sama mencapai tujuan sehat bersama, ya. Selamat mencoba! 


baca juga: Pengaruh Metformin Pada Penderita PCOS


Back to Top