6 Apr 2021

Ubi Ungu, Cemilan Sehat Selama Program Hamil

Bagi calon orangtua yang sedang dalam proses menanti kehadiran buah hati, tentu ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan dengan matang saat menjalani masa kehamilan. Nah, jika kamu dan pasangan kini tengah menjalani program kehamilan, yuk perhatikan lagi pentingnya asupan nutrisi sehat termasuk pemilihan cemilan bermanfaat seperti ubi ungu! Sudah pernah coba?


Salah satu jenis umbi – umbian yang berasal dari Jepang ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, protein, lemak, serat, hingga mencukupi kebutuhan harian sodium, potasium dan kalsium. Perbedaan yang mencolok terlihat dari warna serta aromanya yang khas. Rasa ubi ungu juga bervariasi, mulai dari sangat manis, agak manis, hingga agak pahit. Warna ungu pada ubi muncul akibat kandungan antosianin dan antioksidannya yang juga bermanfaat bagi kesehatan.


Ini lho, manfaat konsumsi ubi ungu khususnya dalam program kehamilan:



1. Mencegah anemia
Bagi kamu yang sedang mengandung, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi sehingga mencukupi kebutuhan darah dan mencegah anemia. Anemia sendiri merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah dan menimbulkan gejala lemah, lesu dan cepat lelah.
2. Mengatasi pembengkakan dan kram pada kaki
Sering dialami oleh ibu hamil, ubi ungu direkomendasikan sebagai salah satu alternatif konsumsi untuk mencegah hal tersebut karena kandungan kalium yang dimilikinya. 
3. Membantu meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan prebiotiknya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubu dari berbagai ancaman virus atau penyebab penyakit. 
4. Mengatasi sembelit
Problem yang satu ini seringkali dialami oleh ibu hamil di setiap trimesternya. Nah, salah satu cara untuk mengatasi adalah dengan konsumsi ubi ungu yang kaya akan kandungan serat – yang bermanfaat untuk memperlancar kerja sistem pencernaan dalam tubuh. 
5. Membantu memelihara kesehatan mata
Dengan kandungan beta karoten serta vitamin antioksidan C & E di dalamnya, dapat menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dikatakan dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor sekitar mata memburuk, sehingga dapat mengganggu penglihatan mata normal. 
6. Membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi
Kandungan asam folatnya juga dipercaya dapat membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik, mencegah keguguran, menurunkan risiko preeklamsia, dan mencegah anemia. 
7. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Dengan kandungan kalium yang dimiliki, konsumsi ubi ungu dapat membantu calon ibu merasa lebih baik karena dapat mengontrol tekanan darah dalam jumlah normal. 
8. Menghindari kontraksi dini
Kandungan magnesium yang terdapat dalam ubi ungu dapat membantu menginduksi relaksasi pada otot. Selain itu, magnesium juga merupakan obat terbaik dalam mengatasi stres sekaligus insomnia, menjadi elektrolit paling penting yang diperlukan untuk mendukung aliran darah yang cukup ke otak janin. 
9. Mengatur tingkat tekanan darah yang sehat
Kandungan sodium dan potasium di dalamnya membantu mengatur tingkat tekanan darah yang sehat, sehingga mencegah risiko komplikasi yang tidak diinginkan. 

Berbagai jenis olahan berbahan dasar ubi ungu dengan tekstur yang lembut dan rasanya yang manis, kamu dapat mengolah ubi ungu menjadi beberapa variasi menu, seperti menjadikannya puding, kolak, bubur candil, bakpia, bakpao, hingga kue talam. Untuk variasi kue kering, bahan dasar ini dapat diolah menjadi ubi goreng crispy atau keripik ubi yang manis, Dengan berbagai olahan variasi tersebut, olahan ubi ungu tidak akan membosankan lagi untuk dinikmati! 
Back to Top