8 Jun 2021

Wanita dengan PCOS Bisa Hamil Secara Alami?

Sindrom PCOS (polycystic ovarian syndrome) memang cukup banyak dialami oleh wanita di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam statistik angka, diperkirakan 1 dari 10 wanita mengalami PCOS sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan mereka. 5 - 10% wanita yang mengalami PCOS diketahui memiliki kista di dalam ovarium sehingga menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi.


Berikut alasan wanita dengan PCOS sulit hamil:

1. Adanya kelainan hormonal sehingga menyebabkan sel telur tidak dapat berkembang dengan baik. Hal ini mengakibatkan berbagai hal, diantaranya tidak terdapat jadwal ovulasi (pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi) yang teratur, tidak dapat diprediksi, atau bahkan tidak mengalami ovulasi sama sekali.

2. Ukuran ovarium lebih besar dari biasanya, berisi kista kecil yang mengandung sel telur belum matang sehingga sulit untuk dikeluarkan atau dibuahi.

3. Wanita dengan PCOS umumnya memiliki kadar hormon androgen cukup tinggi sehingga dapat menghambat masa subur dan ovulasi.

4. Tubuh mengalami gangguan hormon sehingga kesulitan memproduksi insulin, mengakibatkan peningkatan berat badan sehingga terjadi obesitas. Secara keseluruhan, kondisi ini dapat turut memengaruhi tingkat kesuburan seseorang.




Apakah wanita dengan PCOS tetap bisa hamil?

Tetap ada harapan bagi kamu yang menderita PCOS untuk dapat memiliki momongan. Hanya saja, peluangnya memang lebih kecil dan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan serta masalah kesuburan yang berbeda - beda setiap orang. Berikut adalah 5 langkah yang bisa diusahakan untuk mendapat kehamilan dengan kondisi ini:


1.Ubah pola hidup menjadi lebih sehat

Menyeimbangkan indeks massa tubuh menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan. Pasalnya, berat badan yang tidak ideal akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga turut memengaruhi kemampuan ovarium untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Mulailah berolahraga rutin selama 30 menit setiap hari untuk menurunkan kadar insulin di dalam tubuh dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, jaga asupan nutrisi melalui pola makan sehat dengan gizi seimbang.


2. Asupan nutrisi yang disarankan

Wanita dengan PCOS disarankan untuk memperbanyak konsumsi asupan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Misalnya sayur, buah, gandum, ragam protein dan lemak sehat. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang memiliki sifat anti radang misalnya alpukat, kacang - kacangan, jenis ikan, tomat, bayam, minyak zaitun dan teh hijau. Perbanyak konsumsi vitamin D untuk mengatasi masalah resistensi insulin dalam tubuh. Sumber makanannya didapatkan dari ragam ikan seperti salmon, tuna, makarel, sarden, kuning telur, hati sapi, susu, sereal dan udang.


3. Proses pengobatan yang direkomendasikan

Konsumsi obat kesuburan yang disebut clomifene dan metformin untuk mendorong terjadinya ovulasi dapat dilakukan dengan konsultasi dokter merujuk pada riwayat kesehatan seseorang. Selain itu, prosedur pembedahan yang disebut pembedahan ovarium laparoskopi menjadi salah satu pilihan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada organ reproduksi. Sebelum dilakukan pembedahan, dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu tentang ada atau tidaknya penyumbatan pada saluran tuba falopi atau masalah reproduksi lainnya, sehingga dapat diatasi dalam tindakan ini. Metode bayi tabung (IVF) menjadi salah satu program kehamilan yang dapat dilakukan untuk membantu mendapat kehamilan dengan cara menggabungkan sel telur dan sperma di luar tubuh. Setelah proses pengabungan, sel telur yang sudah dibuahi dan menjadi embrio akan diletakkan kembali di dalam rahim.


Selain itu, untuk membantu kesuksesan program kehamilan, Anda bisa menggunakan alat deteksi masa subur dari Ovutest.


Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Wanita PCOS

Back to Top