12 Oct 2020

Ikhtiar Promil Menggunakan Daun Sungkai

Berbagai macam usaha pasti dilakukan para pasangan yang ingin memiliki momongan mulai dari cara medis sampai ilmu-ilmu yang diwariskan dari nenek moyang seperti mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal yang konon bisa meningkatkan kesuburan. Salah satu tanaman yang banyak diyakini bisa membantu program hamil adalah Daun Sungkai. Mungkin namanya belum banyak dikenal orang seperti Buah Zuriat. 

 

Tanaman sungkai merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh di Kalimantan, tetapi juga banyak ditemui di daerah lain seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Tanaman ini cenderung mudah tumbuh, sehingga banyak ditemui di hutan, kebun dan sekitar pekarangan rumah. Di beberapa daerah tanaman ini lebih dikenal dengan nama jati sabrang dengan khasiatnya untuk kesehatan di dibanding untuk program hamil. Daun sungkai dianggap mampu membantu menurukan demam, mengobati sakit gigi, obat malaria dan mengatasi memar tubuh.

 

Sementara untuk program kehamilan daun sungkai dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan rahim wanita. Seperti yang kita tahu bahwa tingkat stress bisa mengganggu keberhasilan program hamil, karena bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Jika hal ini terjadi siklus haid bisa saja menjadi tidak teratur, sehingga cenderung lebih sulit menemukan masa subur. Air rebusan daun sungkai membantu kamu mengatasi masalah siklus haid tidak teratur. Caranya mudah, cukup rebus daun sungkai muda beberapa helai yang sudah dicuci bersih, kemudian minum selagi hangat. Minum secara rutin jika ingin memiliki momongan. 

 

Diketahui ekstrak muda daun sungkai juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini sangat baik bagi calon ayah dan ibu. Mereka perlu mempersiapkan diri sebelum terjadinya kehamilan. Kondisi sehat akan membantu calon orangtua menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas. Khasiat daun sungkai memang lebih banyak di dapat dari daun yang masih muda. Pilihlah daun sungkai yang masih berwarna ungu kemerah-merahan. Biasanya daun muda tumbuh di bagian paling atas atau pucuk cabang. 

 

Daun sungkai memiliki banyak manfaat karena kandungan senyawa kimianya, yaitu alkaloid, terpenoid, polisakarida, dan polifenol. Senyawa-senyawa tersebut memiliki bioaktivitas berupa inunostinulant agent. Namun belum cukup banyak penelitian terkait daun sungkai.

 

Hal yang paling penting saat program hamil adalah menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Tidak bisa hanya mengandalkan satu jenis makanan atau konsumsi herbal tertentu saja, guna mencukupi asupan nutrisi untuk persiapan kehamilan. Agar keberhasilan program hamil ini meningkat, anda bisa menggunakan alat tes kesuburan wanita dari Ovutest. Selamat mencoba!


Back to Top